Contoh Surat Penangguhan Pembayaran Barang/Produk

Contoh Surat Penangguhan Pembayaran Barang ~ Beberapa waktu yang lalu saya telah membagikan sebuah postingan tentang contoh surat penagihan pembayaran barang/produk. Sedangkan pada kesempatan ini, saya akan menyajikan contoh surat penangguhan pembayaran barang/produk. Kedua surat ini ada kaitannya, maka silahkan disimak baik-baik tulisan berikut hingga selesai dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Contoh Surat Penangguhan Pembayaran Barang/Produk


Dalam kegiatan perdagangan, pada prinsipnya pembeli haruslah membayar tepat pada waktunya, yakni sesuai dengan kesepakan antara kedua belah pihak baik secara tunai maupun kredit. Dan jika terjadi suatu halangan yang penting dan masuk akal, tentu pembeli terpaksa belum dapat melakukan pembayaran pada tanggal yang sudah disepakati, jika hal ini terjadi pada seorang pembeli, maka tindakan yang paling tepat untuk dilakukan oleh seorang pembeli adalah mengajukan surat penangguhan pembayaran kepada penjual. Lalu apa itu surat penangguhan pembayaran?

Pengertian Surat Penangguhan Pembayaran

Surat penangguhan pembayaran ialah sebuah surat yang dibuat dan dikirm oleh pembeli kepada penjual yang isinya ialah meminta atau memohon kepada penjual agar pembayaran di undur atau ditunda untuk sementara waktu. Adapun waktu yang paling tepat untuk mengirimkan surat ini ialah sebelum pihak penjual mengirimkan surat penagihan pembayaran atau sebelum tanggal jatuh tempo.

Isi Surat Penangguhan Pembayaran

Adapun hal-hal yang perlu dituliskan dalam surat pengguhan pembayaran adalah sebagai berikut :

1. Alasan terjadinya permintaan penangguhan pembayaran
2. Kapan dan dengan cara bagaimana hutang tersebut akan dibayar
3. Pernyataan permohonan maaf atas penundaan tersebut
4. Hal-hal lain yang kiranya dapat meyakinkan pihak penjual (kreditur) bahwa hutang tersebut akan terlunasi.

Cara Membuat Surat Penangguhan Pembayaran

Dalam menyusun surat penangguhan pembayaran yang baik dan benar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Hubungkan surat penangguhan pembayaran dengan surat pengiriman pembayaran barang yang belum terlunaskan
2. Jelaskan dengan bahasa yang baik bahwa pembayaran belum dapat dilunasi dengan disertai bukti dan alasan yang kuat dan logis
3. Jelaskan kapan hutang tersebut akan dilunaskan
4. Jelaskan bagaimana cara pelunasan tersebut akan dilakukan
5. Berikan pernyataan maaf atas penundaan tersebut
6. Sebutkan hal-hal lain yang perlu dicantumkan untuk meyakinkan penjual
7. Akhiri surat dengan ucapan terima kasih.

Dari sedikit penjelasan diatas, tentu Anda sudah mempunyai sedikit gambaran bagaimana membuat surat penangguhan pembayaran yang baik dan benar, namun untuk lebih jelasnya, berikut saya bagikan contoh surat penagguhan pembaran barang/produk.

Contoh Surat Penangguhan Pembayaran (sebelum adanya kiriman surat penagihan pembayaran)

CV. INGIN MAJU
Jl. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
======================================================================

No : 43/IM/V/2015                                                                          01 Mei 2015
Hal : Penangguhan Pembayaran

Kepada
Yth. Direktur PT. Elektronik Maju
Jl. Buntu No. 202
Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Kami beritahukan kepada saudara bahwa menurut buku catatan kami, bahwa kami masih mempunyai sisa hutang Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah), yaitu faktur no. 210/EM/IV/2015 yang harus lunas pada tanggal 4 Mei 2015 yang akan datang.

Berhubung pada akhir-akhir ini di daerah pertokoan kami sering terjadi kerusuhan dab bahkan sebagian toko kami ada yang terbakar, maka usaha kami mengalami kemunduran bahkan barang-barang yang baru saja kami datangkan dari perusahaan Saudara belum sempat kami pasarkan.

Berkenaan dengan keadaan itu, kami mohon kerelaan saudara agar faktur tersebut dapat ditunda pembayarannya sampai pada awal Juni 2015 mendatang.

Mudah-mudahan kelonggaran waktu yang Saudara berikan kepada kami dapat kami pergunakan untuk berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat melunasi hutang tersebut tepat pada waktu yang kami janjikan.

Demikianlah pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami
CV Ingin Maju


Ikhsan

Contoh Surat Penangguhan Pembayaran (sesudah adanya kiriman surat penagihan pembayaran)

CV. INGIN MAJU
Jl. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
======================================================================

Nomor  : 45/IM/IV/2015                                                       25 Nopember 2013
Hal       : Penangguhan Pembayaran

Kepada
PT ELEKTRONIK MAJU
Jl. Buntu No. 202
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Membalas surat Saudara Nomor: 203/EM/V/2015 tertanggal 20 Mei 2015 perihal penagihan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.

Setelah membaca surat tersebut, dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa kami belum dapat melunasi pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2015 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik.

Hal ini disebabkan bangunan yang sedang dibuat dibobol banjir, sehingga mengalami kerugian total sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).

Sehubungan dengan ini kami mohon maaf dan pengertian Saudara agar dapat menangguhkan pembayaran tersebut sampai 2 (dua) bulan mendatang. Kami berharap Saudara bersedia menyetujui permohonan ini.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
CV Ingin Maju


Ikhsan

Demikianlah dua contoh surat penangguhan pembayaran barang/produk yang bisa saya sajikan kali ini. semoga bisa membantu anda yang sedang menyusun surat tersebut. Jika Anda juga membutuhkan surat-surat lain yang masih berhubungan dengan perniagaan, silahkan lihat juga postingan saya yang berjudul contoh macam surat niaga. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsurat123.com.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?

0 Response to "Contoh Surat Penangguhan Pembayaran Barang/Produk"

Poskan Komentar