Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah ~ Beberapa waktu yang telah lalu, telah saya share sebuah contoh surat pernyataan kehilangan KTP/STNK/SIM yang dibutuhkan untuk pengurusan KTP/STNK/SIM yang telah hilang, sedangkan untuk kali ini, saya akan kembali membagikan sebuah contoh surat pernyataan, yakni contoh surat pernyataan belum menikah yang biasanya dibutuhkan saat melamar pekerjaan pada sebuah instansi/perusahaan tertentu.

Gambar Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Pada beberapa perusahaan/instansi tertentu, saat mengadakan rekrutmen karyawan baru mensyaratkan kepada setiap melamar untuk melengkapi berkas persyaratan seperti halnya surat lamaran kerja, daftar riwarat hidup (cv), pas foto, foto copy ijazah dan transkrip nilai bahkan surat pernyataan belum menikah.

Surat pernyataan belum menikah adalah surat yang diperuntukkan untuk menyatakan bahwa seseorang yang bertanda tangan tersebut belum menikah atau masih lajang. Surat ini termasuk surat non resmi yang berisi tentang biodata diri seseorang seperti, nama, alamat, tempat tanggal lahir, warga negara, agama yang diakhiri dengan nama dan tanda tangan.

Pada dasarnya surat pernyataan belum menikah tidak jauh berbeda dengan surat pernyataan lainnya, perbedaannya hanya terdapat dalam isi pokok surat, dimana surat pernyataan belum menikah ini isi pokoknya ialah untuk menyatakan seseorang belum menikah atau status perkawinan seseorang. Agar lebih jelasnya bagaimana format surat pernyataan belum menikah, berikut saya bagikan beberapa contoh dari surat tersebut.

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah I

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                             : Ikhsan SH.I
Jenis Kelamin                 : Laki-laki
Tempat / Tanggal Lahir     : Lambaro, 29 November 1988
Agama                           : Islam
Warga Negara                 : Indonesia
Alamat                           : Lambaro

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum agama, maupun hukum Negara dan benar-benar masih lajang.

Demikian surat pernyataan ini telah saya buat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan undang-undang dan hukum yang berlaku.

Banda Aceh, 23 Juli 2015


Ikhsan SH.I

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah II

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    :
Bin/binti                :
Tempat/tgl.lahir      :
Kebangsaan          :
Agama                 :
Pekerjaan             :
No.KTP               :
Alamat                :

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Agama, Hukum Adat, maupun Hukum Negara. Dan benar-benar masih perjaka (Bujang) / gadis (Perawan).

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan serta tekanan dari siapapun. Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak sesuai, maka saya siap dibawa kehadapan hukum.

                                                                             Banda Aceh, .............................
                                                                             Saya Yang Menyatakan


                                                                             Materai Rp. 6000,
                                                                             ...............................

Mengetahui


Kepala Desa

Itulah dua contoh surat pernyataan belum menikah yang bisa saya sajikan di kesempatan ini, semoga bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda sehingga dapat membantu Anda dalam menyusun surat pernyataan tersebut. Silahkan lihat juga contoh surat pernyataan kerja yang benar, barangkali juga bisa bermanfaat untuk Anda. Akhirnya, terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses dari www.contohsurat123.com.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?

8 Responses to "Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah"

  1. terima kasih contoh suratnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak. Terima kasih juga telah berkunjung. :)

      Hapus
  2. makasih sangat membantu sekali....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas. Terima kasih juga telah berkunjung.

      Hapus
  3. Makasih banyak ya, mudah2an dapat pahala...

    BalasHapus
  4. Ini berarti suratnya yg buat kita sendiri ya...tinggal nambah materai gitu aja?atau hrs ttd rt rw dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kita buat sendiri. Umumnya surat pernyataan memang dibuat sendiri. Namun bole dibuatkan mengetahui Kepala Desa atau pejabat setempat untuk menguatkan pernyataan Anda tersebut. Terima kasih.

      Hapus