Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil adalah contoh surat terbaru yang akan admin bagikan untuk anda di sore hari ini. Namun sebelum itu, pada postingan sebelumnya admin juga sudah memberikan sebuah contoh surat perjanjian jual beli rumah dan tanah. Silahkan lihat postingan tersebut jika memang dibutuhkan. Tetapi jika yang anda cari adalah informasi mengenai cara membuat surat perjanjian jual beli mobil, silahkan simak terus halaman ini sampai selesai karena disini admin akan membagikan cara dan contohnya untuk anda.

Sebenarnya membuat surat perjanjian jual beli mobil, baik itu secara tunai maupun kredit itu tidak begitu penting, apabila kita melakukan transaksi jual beli dengan orang yang sudah kita kenal dengan baik, terlebih lagi jika kita bertransaksi dengan kerabat dekat yang sudah sangat kita percayai. Namun ketika kita menjual kepada orang lain yang baru kita kenal, tentu keberadaan surat perjanjian jual beli ini menjadi penting unutk dibuat.

Namun, membuat surat perjanjian jual mobil tersebut tidak lain bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, saya sarankan kepada sahabat yang ingin menjual suatu barang atau benda perlu di buatkan surat perjanjian yang sah dan akurat, apa lagi seperti menjual sebuah mobil, itu kan barang yang mempunyai nilai tinggi.

Perlu diketahui juga sahabat, sebenarnya fungsi adanya surat perjanjian ini bagi sipenjual yaitu untuk memastikan bahwa penjual tersebut pemilik yang sah dari mobil yang dijual, juga untuk memastikan pemindahan hak/kepemilikan mobil akan terjadi setelah adanya pembayaran yang dilakukan dengan metode pembayaran yang baik dan benar.

Sedangkan fungsi adanya surat perjanjian ini bagi pembeli yaitu untuk memastikan bahwa mobil yang dibeli berasal dari pemilik yang asli, juga untuk membuktikan spek mobil yang dijual tersebut sama dengan spek realnya, dan untuk mengetahui adanya jaminan yang menyatakan bahwa mobil yang dijual tersebut dalam kondisi bagus dan tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Gambar Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil


Nah, dibawah ini ada sebuah contoh surat perjanjian jual beli mobil, bagi yang membutuhkan referensi surat perjanjian jual beli mobil silahkan perhatikan contoh dibawah ini:

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Kredit

Pihak yang bertanda tangan dibawah ini dimana pihak pertama sebagai penjual dan pihak kedua sebagai pembeli:

Nama          : Mohd Sayed
Alamat         : Jln. Utama No. 33, Darussalam Banda Aceh
Pekerjaan    : Wiraswasta
Dalam surat perjanjian ini bertindak sebagai pihak pertama, yang selanjutnya disebut sebagai penjual.

Nama          : Siti Badriah
Alamat        : Jln. Kilat Fajar No. 44, Tungkop Aceh besar
Pekerjaan    : PNS
Dalam surat perjanjian ini bertindak sebagai pihak kedua, dan selanjutnya disebut sebagai pembeli.

Maka dengan ini menerangkan, bahwa kedua belah pihak tersebut sudah sepakat mengadakan transaksi jual beli sebuah mobil, sebagai berikut:

PASAL PERTAMA

Penjual telah menjual sebuah mobil Toyota Limo keluaran tahun 2011 kepada sipembeli sebagaimana pembeli membelinya dari penjual.

PASAL DUA

Dalam surat perjanjian ini juga mencakup penyerahan hak milik penjual atas mobil Toyota Limo keluaran tahun 2011, dengan Nomor rangka ............., dengan Nomor mesin ................, Nomor polisi .............., Nomor BPKB .................

PASAL KETIGA

Dalam surat perjanjian jual beli ini dilakukan dengan harga yaitu sebesar Rp. 187.000.000,00 terbilang (Seratus delapan puluh tujuh juta rupiah).

Kemudian uang muka penjualan mobil tersebut yaitu sebesar Rp. 30.000.000,00 (Tiga puluh juta rupiah).

Dan pembayaran berikutnya akan dilunaskan 2 (Dua) bulan kedepan semenjak tanggal penandatangan surat perjanjian ini guna pengurusan KPM (Kredit Pemilikan Mobil) oleh pembeli.

PASAL KE EMPAT

Transaksi ini akan dianggap lunas, apa bila pembayarannya sudah mencapai dengan nilai jual yang telah ditentukan dan disepakati kedua belah pihak.

PASAL KELIMA

Surat perjanjian ini mulai berlaku setelah tujuh hari ditandatangani surat ini, dan akan berakhir apabila mobil tersebut telah berpindah kepada pembeli.

PASAL ENAM

Selanjutnya untuk proses perpindahan kepemilikan mobil ini akan dilakukan oleh pembeli berikut tanggungan yang timbul kedepannya, dan penjual cuma akan membantu untuk kelancaran pengurusan saja. Dan perpindahan kepemilikan ini akan segera diproses apa bila seluruh kewajiban pembeli tersebut telah dipenuhi.

PASAL KETUJUH

Pembeli tidak dibenarkan untuk mengubah fungsi dan diperuntukkan sebagai pengguna mobil hingga pembayaran mobil ini sudah dianggap lunas.

Seluruh kerusakan, baik itu kerusakan kecil maupun kerusakan besar dari mobil tersebut sepenuhnya akan menjadi tanggungan dari pihak pembeli tanpa terkecuali.

Dan pembeli berhak untuk memelihara mobil tersebut sebaik mungkin, seluruh kerusakan yang timbul selama perjanjian ini berlangsung akan menjadi tanggung jawab pembeli untuk memperbaikinya, dan menggantinya dengan biaya sepenuhnya juga merupakan tanggung jawab pembeli.

PASAL KEDELAPAN

Bila nantinya di dalam pelaksanaan kerjasama antara penjual atau pembeli ini tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar atau bahkan menimbulkan hal lain yang menyimpang dari ketentuan yang telah disepakati bersama, maka dari itu penjual atau pembeli wajib melakukan teguran lisan, kemudian di teruskan dengan teguran tertulis dan kemudian dapat mengajukan pemutusan atas perjanjian kerjasamanya.

PASAL SEMBILAN

Bila nantinya terjadi sengketa dalam isi dan pelaksanaan perjanjian ini maka kedua belah pihak sebaiknya menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah, bila tidak berhasil dengan cara demikian maka kedua belah pihak bersepakat dengan menggunakan jalur hukum yang berlaku.

PASAL KESEPULUH

Surat perjanjian ini disetujui dan di tandatangani, kemudian dibuat menjadi dua rangkap lengkap dengan materai, dan kedua belah pihak memiliki kekuatan hukum yang sama.

Demikian surat perjanjian jual beli ini dibuat atas kesadaran dari kedua belah pihak, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Banda Aceh, 3 November 2016

Penjual                                                                                                       Pembeli

(Mohd Sayed)                                                                                         (Siti Badriah)

Pada dasarnya, setiap transaksi dalam hal jual beli yang resmi itu yang dibutuhkan yaitu kelengkapan berupa dokumen penting, begitu juga dalam menjual sebuah mobil. Dokumen yang dibutuhkan seperti BPKB, surat pajak serta surat perjanjian yang sah. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa surat pajak dan BPKB itu merupakan surat-surat penting yang terkait secara langsung dengan barang yang akan kita jual yakni sebuah mobil. Adapun surat perjanjian itu sebagai kelengkapan tambahan yang berpegang sebagai peran penting dalam sebuah transaksi.

Demikianlah contoh surat pernjanjian jual beli mobil yang dapat admin bagikan pada sore hari ini, semoga dapat berguna dalam membantu transaksi jual beli mobil anda. Jangan lupa share surat jual beli mobil di atas kepada teman, kerabat yang melalui melalui tombol di bawah. Dan jika dibutuhkan silahkan baca juga contoh surat perjanjian sewa rumah. Terima kasih dan salam sukses dari www.contohsurat123.com.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?

0 Response to "Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil"

Poskan Komentar